Menu

Mode Gelap

Daerah · 12 Nov 2023 21:25 WIB ·

Ratusan Santri Ponpes Sukorejo Situbondo, Ikut Festival Ilmiah dan Sains


					Ratusan Santri Ponpes Sukorejo Situbondo, Ikut Festival Ilmiah dan Sains Perbesar

Ratusan santri, saat mengikuti seleksi Fisma di Auditorium Ponpes Sukorejo, Situbondo. 

 

Situbondo,reportasenews.com – Sebanyak 578 santriwan dan santriwati Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, Situbondo, mereka mengikuti kegiatan Festival Ilmiah dan Sains Ma’had (Fisma), yang digelar Ponpes setempat, Minggu (12/11/2023).

Kegiatan tahapan seleksi sebanyak 578 santri putra dan putri. Mereka mengikuti tahapan seleksi 10 besar di berbagai jenjang pendidikan mulai SD-SMA dan Madrasah Ibtidaiyah-Aliyah untuk kategori baca kitab.

“Tahapan seleksi menuju 10 besar itu, akan berlangsung mulai hari ini 12 hingga 20 Nopember 2023 mendatang. egiatan festival ilmiah dan sains ini sudah berlangsung selama tujuh tahun,”ujar Mahmudi Baijuri, Kepala Bidang Pendidikan pesantren Salafiyah-Syafi’iyah Sukorejo, Situbondo.

Menurut Mahmudi, kegiatan festival ilmiah dan sains untuk menciptakan iklim keilmuan kompetitif di kalangan para santri. Dari ajang ini telah mendorong para santri menjadi juara lomba sains di berbagai kategori perlombaan tingkat nasional hingga internasional. Bahkan pernah juara lomba sains di Malaysia dua kali berturut-turut.

“Di pesantren ini tidak ada dikotomi keilmuan, karena kami selalu menyiapkan disiplin keilmuan sesuai perkembangan zaman. Untuk penguasaan ilmu agama kami siapkan Madrasah khusus yaitu I’dadiyah bagi calon kader ahli ilmu fiqih,”,bebernya.

Lebih jauh Mahmudi mengatakan, jika pada Oktober tahun 2023 ini, santri Ponpes Sukorejo juara satu lomba robotik nasional, di Surabaya. Ini menunjukan bahwa santri menguasai berbagai disiplin keilmuan. Saat ini, bidang pendidikan pondok pesantren akan mendorong santri mengembangkan robotik dengan ciri khas pesantren seperti bisa melafalkan surat fatihah atau surat-surat pendek .

“Baru pertama kali ikut lomba robotik, ternyata buatan santri langsung juara. Kalau untuk lomba baca kitab al-Quran kami sudah sering juara. Karena untuk festival ilmiah dan sains memang ada kategori lomba baca kitab alfiyah ibnu malik,” katanya.

Mahmudi menambahkan, saat ini, jumlah Ponpes Sukorejo sekitar 19.700 orang, mereka berasal dari sejumlah daerah di Indonesia. Selain itu, juga berasal dari Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand dan Syuriah. Dari jumlah tersebut diseleksi lembaga masing-masing kemudian dikirim mengikuti festival ilmiah dan sains.

“Setelah melalui seleksi di jenjang lembaga, maka santri yang mengikuti festival ini hanya 578 santri putra dan putri. Mereka mengikuti seleksi 10 besar di berbagai jenjang pendidikan mulai SD-SMA dan Madrasah Ibtidaiyah-Aliyah untuk kategori baca kitab,” ujarnya.

Mahmudi menegaskan, berbagai pelayanan di ponpes Salafiyah-Syafi’iyah Sukorejo saat ini sudah berbasis digital. Pondok pesantren juga memiliki media publikasi platform digital.

“Disini kami tetap memelihara tradisi ilmu salaf. Makanya, santri wajib sekolah Madrasah diniyah di pagi hari dan untuk umum di siang hari, pungkasnya.(fat)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Hindari Tabrakan, Truck Box Terguling di Jalur Pantura Situbondo

12 Juni 2024 - 21:13 WIB

18 Ruko di Pasar Sambas Terbakar Hebat

12 Juni 2024 - 20:43 WIB

Tak Bayar Uang Sewa 6 Unit Mobil Rental Rp133 juta, Kades Bungatan Situbondo Dipolisikan

12 Juni 2024 - 19:48 WIB

Banting Setir Bakul Wedus Idul Adha, Dulu Wartawan Media Online di Madiun

12 Juni 2024 - 19:44 WIB

Bandar Narkoba Diciduk di Penginapan Mekar Sari

12 Juni 2024 - 18:48 WIB

Satgas Pamtas RI-Malaysia Gagalkan Penyelundupan Sisik Trenggiling

12 Juni 2024 - 18:41 WIB

Trending di Daerah