Menu

Mode Gelap

News Feed · 18 Nov 2016 11:07 WIB ·

Real Battle at Old Trafford


					Manchester United vs Arsenal di Theatre of Dreams/Foto: Fab Newz Perbesar

Manchester United vs Arsenal di Theatre of Dreams/Foto: Fab Newz

“Manchester United vs Arsenal di Theatre of Dreams, Panggung Awal Mimpi Juara!”

Penulis:  Iwan Ahmad Sudirwan (mantan Producer/Penyiar BBC World Service – London)

Partai keras pada hari Sabtu ini (matchday ke-12) tak hanya menjadi tontotan yang paling dinantikan oleh para penggemar Liga Primer di seluruh dunia, namun juga jadi test penentu sejauhmana Manchester United maupun Arsenal punya kualitas untuk memenangkan kompetisi di kasta tertinggi liga Inggris musim 2016-2017!

For a simple reason, Manchester United (di Inggris biasa disingkat Man U), adalah klub Inggris dengan jumlah fans terbesar di seantero jagad mencakup mereka yang berjumlah ratusan juta di Asia termasuk Indonesia. Sementara, Arsenal sebagai klub papan atas Inggris juga memiliki basis fans yang tak kalah besar dan fanatik di banyak negara. Gooners (begitu sapaan untuk fans yang berjulukan the Gunners ini) jumlahnya sangat signifikan di Indonesia, bahkan di setiap benua.

Persaingan antara kedua klub sepanjang era Liga Primer berlangsung sengit dan penuh intrik. Ini juga tentang rivalitas antara dua kota, Manchester dan London, dengan culture dan history sepakbola yang sudah berlangsung lama, penuh drama dan sama-sama punya catatan hebat dalam persepakbolaan Inggris. Tambahkan fakta lain yakni rivalitas antara kedua Manager, Arsene Wenger dan Jose Maurinho, yang sungguh panas sejak lama.

Klasemen saat ini bisa menipu. Kenapa? Betul, bahwa Arsenal kini ada di papan atas, dengan raihan 24 poin dari 11 pertandingan dan menempatkan klub kota London ini di peringkat 4, sedangkan Man U baru mengumpulkan 18 poin dari jumlah laga yang sama. Tetapi, mengingat sekarang baru memasuki sepertiga musim kompetisi, maka jelas apapun masih mungkin terjadi dalam konteks persaingan menuju gelar juara. Perbedaan enam poin antara keduanya jelas sangat tipis, bahkan jika dibandingkan dengan peringkat teratas Liverpool yang mengumpulkan 26 poin. Fakta ini saja sudah memadai untuk memasukkan Manchester United dan Arsenal ke dalam kelompok tim-tim kandidat juara Liga Primer musim ini.

Iwan Sudirman

Iwan Ahmad Sudirwan (mantan Producer/Penyiar BBC World Service – London

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Gubernur Al Haris Lantik Anggota KPID Provinsi Jambi

17 Mei 2024 - 15:04 WIB

Kemenag Siapkan Rumah Ramah Bagi 818 Calon Jamaah Haji Lansia Asal Jambi

17 Mei 2024 - 14:36 WIB

Kepada Siswa Lemhanas, Irjen (Purn) Ike Edwin Sebut Pendekatan Budaya Kunci Cegah Korupsi

17 Mei 2024 - 14:10 WIB

Tersandung Kasus Narkoba, Pria Asal Bungo Terpaksa Menikah di Dikantor Polisi

16 Mei 2024 - 19:02 WIB

85 Anggota PPK Pilkada Situbondo Resmi Dilantik, Ini Pesan Ketua KPU

16 Mei 2024 - 17:31 WIB

85 Anggota PPK Pilkada Brebes 2024 Dilantik

16 Mei 2024 - 17:24 WIB

Trending di Daerah