Menu

Mode Gelap

Nasional · 2 Okt 2023 16:08 WIB ·

Resmikan Kereta Api Cepat,  Presiden Jokowi Beri Nama  KCJB “Whoosh”


					Resmikan Kereta Api Cepat,  Presiden Jokowi Beri Nama  KCJB “Whoosh” Perbesar

Presiden Jokowi di dampingi sejumlah pejabat negara  mesmikan Kereta Cepat Jakarta Bandung di stasiun Halim,  Jakarta. (foto: istimewa).

 

Jakarta, reportasenews.com – Presiden Joko Widodo meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta Timur, Senin (2/10/2023). Presiden Jokowi memberi nama KCJB  Kereta Cepat “Whoosh”.

Presiden mengungkapkan, Kereta Cepat Whoosh merupakan kereta cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara dengan kecepatan 350 km per jam.

“Kereta cepat ini kita namakan Whoosh. Dibaca wussss. Terinspirasi dari suara saat kereta melaju, melintas dengan kecepatan tinggi,” ungkap Jokowi, dikutip dari kompas.com.

Kepala Negara menjelaskan, nama “Whoosh” juga merupakan singkatan “Waktu Hemat Operasi Optimal Sistem Hebat”.

Presiden Jokowi menjelaskan,  kereta cepat Whoosh menggunakan teknologi ramah lingkungan dan sistem yang terintegrasi dengan moda transportasi lain.

Usai peresmian, Presiden beserta sejumlah oejabat negara naik kereta nomor G5901 dari Stasiun Halim Jakarta Timur menuju Stasiun Padalarang di Bandung Barat.

Kereta Cepat Whoosh memiliki kecepatan maksimal hingga 350 km per jam dan nantinya akan berhenti di empat stasiun, yakni Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, dan Stasiun Tegalluar.

Turut hadir dalam peresmian tersebut antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Menteri ATR/BPN Hadi tjahjanto, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Ketua MPR Bambang Susatyo, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi, Pj Gubernur Jabat Bey Machmudin, MenterI PUPR Basuki Hadimuljono, Dirut KAI Didiek Hartantyo, Dirut KCIC Dwiyana Slamet Riyadi, dan CEO Trans Media Chairul tanjung. (*)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Polda Kalsel Ungkap 14 Kasus Tambang Ilegal Dalam Operasi Peti Intan 2024

17 Juli 2024 - 16:27 WIB

Kapolri Pastikan Hasil Pengusutan Kasus Vina Cirebon akan Disampaikan Secara Transparan

17 Juli 2024 - 16:04 WIB

Satgas Pamtas RI Gagalkan Penyeludupan 35,9 Kilogram Sabu dan 35 Ribu Butir Pil Ekstasi di Sambas-Pontianak

17 Juli 2024 - 15:38 WIB

Usai Dilantik, AKBP Rezi Dharmawan Resmi Jabat Kapolres Situbondo

17 Juli 2024 - 15:06 WIB

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Pejabat Pemprov Jambi di Tes Urine Secara Mendadak

17 Juli 2024 - 14:52 WIB

Perampok Bersenjata Beraksi, Gasak Sejumlah Uang dan Barang Konter HP di Tanjab Barat

17 Juli 2024 - 14:08 WIB

Trending di Daerah