Menu

Mode Gelap

Hukum · 30 Nov 2016 12:25 WIB ·

Ribuan Warga Jabar Serukan Persatuan Etnis pro NKRI


					Gubernur Jawa Ahmad Heriyawan di depan ribuan massa pro persatuan etnis NKRI. (foto: Pikiran Rakyat). Perbesar

Gubernur Jawa Ahmad Heriyawan di depan ribuan massa pro persatuan etnis NKRI. (foto: Pikiran Rakyat).

BANDUNG, REPORTASE-Tak butuh lama, pengerahan ribuan massa semakin akrab di kota-kota utama. Kali ini di Bandung, ribuan orang berkumpul di Lapangan Gasibu, menyerukan NKRI.

Apel Nasional ‘Indonesia Milikiku, Milikmu, Milik Kita Bersama’ disesaki oleh puluhan ribu orang dari berbagai intansi aparat seperti TNI, Polri, dan juga organisasi kepemudaan di Kota Bandung, siswa dan juga mahasiswa. Mereka sepakat untuk menjaga keutuhan NKRI.

“Sepakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan negara ini?” kata Ahmad Heriyawan, Gubernur Jawa Barat ketika orasi di depan massa, di Lapangan Gasibu, Rabu (30/11).

Sebagai satu tanah air dan satu bangsa, kata Aher, Indonesia adalah negara yang besar dari gugusan kepulauan dengan beragam bahasa dan adat istiadat tapi bisa bersatu. Tentu saja hal ini membuat cemburu dunia, tentang persatuan Indonesia.

Dengan menggebu-gebu, Aher melanjutkan orasinya. Menurutnya Indonesia adalah bangsa yang dikagumi oleh dunia. Hanya di Indonesia ribuan etnis bisa bersatu.

“Adakah negara yang bahasanya memiliki 680 lebih bahasa dalam satu negara? Adakah negara yang beragam budaya dengan begitu banyak adat istiadat bisa bersatu? hanya Indonesia. Allah takdirkan negara ini adalah bangsa yang unik dan besar dengan persatuan,” kata Aher.

“Tentu saja kita lebih bangga. Kita tidak rela jika ada bagian dari bangsa ini yang keluar dari NKRI. Apalagi direbut oleh negara orang lain. Kita siap untuk mempertahankan ini,” tambahnya.

Aher pun berpesan kepada pemuda penerus bangsa khususnya di Jawa Barat, agar melanjutkan perjuangan para pahlawan yang tekah susah payah menyatukan Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

“Bung Karno dan Bung Hatta dann pahlawan lainnya sangat kuar biasa. Bisa menyatukan negara ini semua. Bersatu dengab pilar kebangsaan kita, kita bersatu untuk mendirikan Pancasila sebagai dasar negara kita,” tandasnya. (her/top)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Hindari Tabrakan, Truck Box Terguling di Jalur Pantura Situbondo

12 Juni 2024 - 21:13 WIB

18 Ruko di Pasar Sambas Terbakar Hebat

12 Juni 2024 - 20:43 WIB

Tak Bayar Uang Sewa 6 Unit Mobil Rental Rp133 juta, Kades Bungatan Situbondo Dipolisikan

12 Juni 2024 - 19:48 WIB

Banting Setir Bakul Wedus Idul Adha, Dulu Wartawan Media Online di Madiun

12 Juni 2024 - 19:44 WIB

Bandar Narkoba Diciduk di Penginapan Mekar Sari

12 Juni 2024 - 18:48 WIB

Satgas Pamtas RI-Malaysia Gagalkan Penyelundupan Sisik Trenggiling

12 Juni 2024 - 18:41 WIB

Trending di Daerah