Menu

Mode Gelap

Daerah · 10 Jul 2023 17:33 WIB ·

Ribuan Warga Situbondo, Jalani Operasi Mata Katarak Gratis


					Ribuan Warga Situbondo, Jalani Operasi Mata Katarak Gratis Perbesar

Warga Situbondo, saat antri hendak dioperasi katarak di GOR Baluran Situbondo.

 

Situbondo, reportasenews com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Situbondo, menggelar kegiatan bakti sosial (baksos) berupa pemeriksaan dan operasi mata katarak gratis, untuk sebanyak 2.000 pasien mata di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Senin (10/7/2023).

Kegiatan yang dibuka langsung Bupati Karna Suswandi, dan dilaksanakan mulai tanggal 10-14 Juli 2023 di GOR Baluran Situbondo itu, Pemkab Situbondo bekerja sama dengan
lembaga sosial John Fawcett Foundation (JFF).

 

Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan, jika bakti sosial pemeriksaan dan operasi mata katarak gratis. Itu dilakukan sebagai upaya mengurangi angka kebutaan, mengingat saat ini, warga Situbondo mata katarak mencapai 5.000 orang.

“Diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan pemeriksaan, pemberian kacamata dan operasi mata katarak gratis. Sebab, kegiatan bakti sosial ini, merupakan ikhtiar Pemkab Situbondo, untuk mengurangi tingginya penderita katarak di Situbondo,”ujar Karna Suswandi, Senin (10/7/2023).

Menurut dia, dengan tema “Semangat Socak Terak”, pihaknya berharap dengan kegiatan bakti sosial ini, diharapkan dapat membantu warga Situbondo, utamanya warga kurang mampu yang mempunyai keluhan tentang kesehata mata.

“Karena penderita mata katarak masih tinggi di Situbondo, saya minta kepada Dinkes Situbondo, untuk melaksanakan kegiatan sosial ini, dua kali dalam satu tahun,”katanya.

Kepala Dinkes Pemkab Situbondo dr Shandy Hendrayono mengatakan, selain menggelar operasi katarak gratis, namun kegiatan bakti sosial ini, pihaknya memberikan kaca gratis dan pemasangan bola mata palsu.

“Bahkan, kani juga akan membagikan kacamata gratis, khususnya bagi siswa sekolah dasar (SD), karena tim pemeriksaan kesehatan mata itu juga akan menyasar ke sejumlah sekolah di Kota Situbondo,”bebernya.

Menurutnya, diakui penderita katarak di Kabupaten Situbondo masih cukup tinggi, yakni mencapai 1,9 persen atau sekitar 5000 orang dari jumlah penduduk di Kabupaten Situbondo diperkirakan mencapai 6.400 orang.

“Makanya, sesuai arahan Bupati Situbondo (Karna Suswandi red-), tahun depan kami kembali akan menggelar operasi mata katarak dan pemeriksaan mata gratis,”katanya.

Sementara itu, Project Manager JFF, Komang Wardhana mengatakan bahwa kegiatan operasi katarak dan pemeriksaan gangguan mata lainnya baru pertama kali dilaksanakan setelah tiga tahun vakum karena pandemi COVID-19.

“Ini kegiatan pertama kali setelah tiga tahun vakum akibat pandemi Covid-19,”ujar Komang.

Komang menegaskan, sebetulnya JFF sejak tahun 2017 lalu sudah bekerja sama dengan Pemkab Situbondo, sejak Bupati Situbondo dijabat almarhum Dadang Wigiarto dan Wabup Yoyok Mulyadi, namun vakum dua sejak pandemi Covid-19 disejumlah daerah di Indonesia.

“Namun, baru tahun ini bisa kembali melaksanakan kegiatan kemanusiaan berupa operasi katarak dan pemberian kacamata gratis bagi penderita gangguan mata,”imbuhnya.

Lebih jauh Komang menambahkan, JFF bergerak di bidang bantuan sosial kemanusiaan salah satunya bidang kesehatan yang fokus melakukan pemeriksaan mata dan operasi katarak di beberapa daerah di Indonesia.

“JFF tidak hanya melaksanakan kegiatan sosial di Pulau Jawa dan Bali, namun juga melaksanakan kegiatan di sejumlah daerah di Indonesia,”pungkasnya. (fat)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Polda Kalsel Ungkap 14 Kasus Tambang Ilegal Dalam Operasi Peti Intan 2024

17 Juli 2024 - 16:27 WIB

Kapolri Pastikan Hasil Pengusutan Kasus Vina Cirebon akan Disampaikan Secara Transparan

17 Juli 2024 - 16:04 WIB

Satgas Pamtas RI Gagalkan Penyeludupan 35,9 Kilogram Sabu dan 35 Ribu Butir Pil Ekstasi di Sambas-Pontianak

17 Juli 2024 - 15:38 WIB

Usai Dilantik, AKBP Rezi Dharmawan Resmi Jabat Kapolres Situbondo

17 Juli 2024 - 15:06 WIB

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Pejabat Pemprov Jambi di Tes Urine Secara Mendadak

17 Juli 2024 - 14:52 WIB

Perampok Bersenjata Beraksi, Gasak Sejumlah Uang dan Barang Konter HP di Tanjab Barat

17 Juli 2024 - 14:08 WIB

Trending di Daerah