Menu

Mode Gelap

Daerah · 27 Nov 2021 14:34 WIB ·

Rizki Mela Manurung Sukses Menjadi Polisi Ditengah Serba Keterbatasan


					Maemunah, ibu Rizki Mela Manurung merasa terharu anaknya sukses menjadi seorang polisi ditengah serba keterbatasan. (foto:istimewa) Perbesar

Maemunah, ibu Rizki Mela Manurung merasa terharu anaknya sukses menjadi seorang polisi ditengah serba keterbatasan. (foto:istimewa)

Banten,reportasenews.com – Rizki Mela Manurung sukses menjadi seorang polisi ditengah serba keterbatasan. Namun berkat kegigihan dan kerja kerasnya yang pantang menyerah, Rizki  akhirnya berhasil lolos tes di Kepolisian untuk mengikuti pendidikan di SPN Polda Banten

Rizki terlahir dari keluarga kurang mampu. Ibunya Maemunah, sehari-hari bekerja sebagai tukang kue keliling di Pasar Ciung Margasari. Sementara ayahnya, Parningotan Manurung, bekerja serabutan.

Maimunah mengungkapkan bahwa menjadi seorang polisi adalah cita-cita Rizki sedari kecil. Tekad Rizki begitu besar, segala keterbatasan diterjangnya.

“Memang menjadi polisi adalah cita-cita Rizki dari kecil, padahal kami orang tuanya kurang mampu dalam segi ekonomi. Tapi melihat kegigihan Rizky kami mendukung penuh Rizki dalam meraih cita-citanya,” ujar Maimunah.

“Saya pedagang jajanan kue di pasar Ciung, sementara suami saya saat ini masih mencari pekerjaan serabutan yang sebelumnya bekerja sebagai supir angkot, sekarang suami saya masih mencari pekerjaan di Lampung. Keseharian saya memasak kue dari jam 3 pagi dan menjualnya di pasar Ciung, setelah sholat shubuh saya berangkat ke pasar untuk menjual kue yang telah saya buat sampai seluruh dagangan saya habis terjual setelah itu sekitar jam 10 siang baru pulang kerumah, istirahat sebentar dan mulai beraktifitas kembali membuat kue,” kata Maimunah

Diceritakan Maimunah, setelah lulus sekolah, Rizki pernah mendaftar menjadi polisi namun usahanya  gagal. Kemudian Rizki mencoba mendaftar di Angkatan Udara, usahanya untuk menjadi seoang anggota TNI menemui kegagalan. Tak putus asa sampai disitu Rizkipun kembali mendaftar menjadi Polisi untuk yang kedua kalinya. “Alhamdulillah berkat doa dan usaha keras Rizki akhirnya dia berhasil lolos tes di Kepolisian untuk mengikuti pendidikan di SPN Polda Banten, Ujar Maemunah penuh haru.

Maemunah mengaku sejak Rizki mengikuti pendidikan Ia baru satu kali mengunjungi Rizki dikarenakan kesulitan dalam biaya.

Maimunah berharap anaknya kelak menjadi polisi yang amanah, dapat menjalani tugas dan tanggung jawabnya kepada negara.

Rizki Mela Manurung mengaku pernah beberapa kali mengalami kegagalan saat ia mendaftar tes Kepolisian.  “Saya tidak berputus asa, berkat doa dan usaha saya yang pantang menyerah akhirnya Allah Swt mengabulkan doa saya,” kata Rizki.

Sebelum jadi polisi kesehariannya adalah membantu Ibu berdagang kue dari mulai membungkus hingga berdagang di pasar Ciung, dimulai dari shubuh sampai dengan dagangan laku terjual, setelah itu saya berlatih dalam rangka mempersiapkan diri untuk mengikuti tes polisi baik secara fisik maupun akademik seperti berlari, push up, latihan psikotes, dan akademik secara mandiri.

Ketika tim peliput bertanya tentang apa yang menjadi motivasinya untuk jadi Polisi, Rizki menyatakan ingin jadi polisi untuk mengangkat derajat keluarga dan membahagiakan kedua orangtua saya serta berbakti kepada nusa dan bangsa.

Kabid Humas Polda Banten Akbp Shinto Silitonga mengatakan bahwa hasil liputan tim Bidhumas diatas bukanlah cerita fiktif belaka, hal ini merupakan fakta untuk menggugah para generasi muda yang memiliki cita-cita apapun itu dengan segala keterbatasan sesuatu dapat diraih dengan tekad dan usaha yang bersungguh-sungguh serta doa.

“Saya berharap kisah Rizki ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi generasi muda Indonesia untuk mengabdi kepada bangsa dan negara melaui Institusi maupun lembaga apapun, ora et labora,” tutup Shinto Silitonga. (*)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 93 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

164 WBP Situbondo Mendapat Remisi Agustusan, 3 WBP Diantaranya Langsung Bebas 

17 Agustus 2022 - 17:02 WIB

Judul: Berperilaku baik, AN salahsatu WBP langsung Bebas setelah Mendapat Remisi Hari Merdeka

17 Agustus 2022 - 16:56 WIB

1.052 WBP Lapas Kelas II A Pontianak dapat Remisi di HUT ke 77 Kemerdekaan RI

17 Agustus 2022 - 11:20 WIB

Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Kantor Gubernur Kalbar berlangsung Khidmat

17 Agustus 2022 - 10:39 WIB

Satresnarkoba Polres Ngawi Ringkus Delapan Pengedar Narkoba

17 Agustus 2022 - 09:24 WIB

Gara-gara Kartu PKH, Suami di Belu-NTT Tega Aniaya Istri Hingga Usus Terburai

16 Agustus 2022 - 21:40 WIB

Trending di Hukum