Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Internasional · 2 Nov 2016 15:42 WIB ·

Saintis Bingung, Kenapa Kaki Depan Dinosaurus TRex Kecil Imut?


					Tyrannosaurus Rex Didalam Museum / Livescience Perbesar

Tyrannosaurus Rex Didalam Museum / Livescience

CHICAGO, REPORTASE: Mahluk TRex (Tyrannosaurus Rex) keluarga dinosaurus yang hidup sekitar 65 juta tahun silam ini dikenal dengan wujud yang “sangar”. Badannya sangat besar tinggi, bobotnya berat, tapi ada satu yang aneh, TRex mempunyai tangan yang sangat kecil mungil (kaki depannya). Pertanyaan ini menggoda ilmuwan untuk mencari penjelasan sains mengapa hewan buas yang garang mematikan ini hanya punya kaki depan semungil itu, lantas buat apa tangan dia?

Sambil becanda dikatakan, “muke lu jauh, tampang sih emang garang, tapi tangan kok cemen amat“. Memang aneh, melihat keganasan Trex yang mengerikan adalah ganjil melihat ukuran kaki depannya yang sangat kecil seperti itu.

Peneliti memulai menyidik atas fungsi tangan depan Trex yang mungil ini dengan memakai salah satu fosil belulang Trex salah satu paling lengkap didunia bernama “Sue”. Fosil dari Sue ini ditempatkan disalah satu museum di Chicago, AS, dengan mempelajari bagaimana mekanisme tulangnya bergerak, mungkin akan didapat petunjuk baru atas pertanyaan, bagaimana tubuh Sue yang sangat besar ini tidak mempunyai lengan depan yang seimbang dengan bentuk tubuhnya?

Tes pada lengan “Sue” di Argonne National Laboratory di Illinois menunjukkan beberapa tanda-tanda stres yang minim, menurut The Field Museum di Chicago, di mana binatang raksasa ini mendominasi ruang utama dimuseum. Tes menunjukkan bahwa “Sue” tampaknya tidak menggunakan lengan “imut” itu sangat sering, kata para ilmuwan museum. Jadi lengan itu hanya ada disana tapi tidak dipakai bekerja sama sekali.

“Ini memang asumsi sangat awal, tapi sepertinya memang tidak ada banyak tanda-tanda stres pada tulang yang menunjukkan bahwa tangan depannya sering digunakan,” Peter Makovicky, associate director dari dinosaurus di museum, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

“Berdasarkan apa yang kita ketahui sekarang, sepertinya TRex tidak menggunakan sebagai senjata untuk membunuh mangsanya saat dia beranjak dewasa, tapi memang hal ini masih kita pelajari”. Ada kemungkinan fungsi lengan itu justru dipakai saat TRex masih muda usianya, dan ketika beranjak dewasa tidak penah lagi dipakai untuk berburu atau membunuh lawannya.

TRex bukan satu-satunya dinosaurus karnivora memiliki anggota badan gemuk berat dan lengan depan yang imut. Sebuah allosaur disebut dengan nama “Gualicho Shinyae” ditemukan di Argentina tahun ini juga memiliki lengan yang mengejutkan “imut lucu kecil” untuk ukuran tubuhnya. Jenis “Gualicho Shinyae” ini masih termasuk hitungan saudara jauh dari  TRex. (HSG/ Livescience)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 114 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Aksi Perampokan di Jalan Niaso Muaro Jambi Viral di Medsos

22 April 2024 - 17:30 WIB

Pemkab Sarolangun Sebut Berhasil Turunkan Angka Pengangguran 

22 April 2024 - 17:03 WIB

Wali Kota Binjai Kembali Maju Kontestasi Pilkada Sambangi Partai Golkar Binja

22 April 2024 - 16:40 WIB

Peringati Hari Kartini 2024, Emak-emak di Situbondo Gelar Diskusi

22 April 2024 - 16:34 WIB

Rumah Autis di Bogor Roboh Diterjang Angin Kencang & Hujan Deras

21 April 2024 - 20:12 WIB

Hilang Saat Memancing, Riko Ditemukan  tewas di Pulau Gelam

20 April 2024 - 20:34 WIB

Trending di Daerah