Menu

Mode Gelap

Daerah · 5 Sep 2018 10:40 WIB ·

Stabilkan Harga Beras, Perum Sub Dolog Gelar Operasi Pasar 


					Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub-Divisi Regional Bondowoso, Jawa Timur,  mulai melaksanakan Operasi Pasar Cadangan Beras Pemerintah (OP CBP) di pasar tradisional Kabupaten Situbondo dan Bondowoso,. (foto:fat) Perbesar

Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub-Divisi Regional Bondowoso, Jawa Timur, mulai melaksanakan Operasi Pasar Cadangan Beras Pemerintah (OP CBP) di pasar tradisional Kabupaten Situbondo dan Bondowoso,. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Untuk menstabilkan harga beras, Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub-Divisi Regional Bondowoso, Jawa Timur,  mulai melaksanakan Operasi Pasar Cadangan Beras Pemerintah (OP CBP) di pasar tradisional Kabupaten Situbondo dan Bondowoso, Selasa (4/9/2018).
Pantauan Reportasenews.com dilapangan, operasi pasar tersebut ditandai dengan pelepasan armada truk,  yamg mengangkut 5 ton beras medium. Hadir dalam kegiatan tersebut,  Kepala Bagian Perekonomian Pemkab Situbondo dan beberapa pejabat yang lain dilingkungan Pemkab Situbondo.
Selain menjual beras medium, namun   dalam  operasi pasar yang bertujuan untuk menstabilkan harga sembako,  Bulog juga menjual gula dan minyak goreng,  tepung terigu dengan harga jual di bawah harga di pasaran.
Beras medium curah dijual dengan harga Rp.8.350 perkilogram, kemasan 5 kilogram Rp.8.800 perkilogram, sedangkan harga minyak goreng 1 liter dijual dengan harga Rp.12.000 dan tepung terigu dengan Rp.7.400 perkilogram, sedangkan harga gula pasir Rp.12.000 perkilogram.
Usai memberangkatkan armada truk Operasi Pasar Cadangan Pemerintah di Gudang Bulog Arjasa, Situbondo, Praseryo selaku Wakil Kepala Sub-Divre Bulog Bondowoso-Situbondo mengatakan.”Operasi pasar cadangan beras pemerintah pada hari ini dilakukan secara serentak se-Indonesia untuk stabilisasi harga beras di pasaran,” ujar Prasetyo, Selasa (4/9/2018),
Menurutnya, kegiatan  stabilisasi harga beras medium 2018 ini,  dilakukan atas perintah Menteri Perdagangan RI melalui Bulog Pusat dan dilakukam secara serentak seluruh Indonesia.
“Selain bertujuan untuk  menjaga pasokan beras,  kegiatan operasi pasar ini  juga menjaga stabilisasi harga beras medium di pasar agar supaya tidak terjadi gejolak harga,”beber Prasetyo.
Prasetyo menambahkan, meski harga beras disejumlah pasar di Situbondo diketahui cenderung stabil.”Akan tetapi kami masih tetap melaksanakan operasi pasar sebagai bentuk antisipasi lebih dini gejolak harga beras yang biasanya atau trennya terjadi pada akhir tahun,” katanya.
Lebih jauh Prasetyo menegaskan, jika kegiatan operasi pasar yang dilaksanakan Bulog ini juga untuk memberikan dampak psikologis ke pasar yang dalam artian kepada masyarakat akan tenang karena pemerintah siap turun dalam rangka ketersediaan dan stabilitas harga pangan.
“Pada hari ini operasi pasar beras dilaksanakan di dua titik, di Pasar Induk Kabupaten Bondowoso dan Pasar Tradisional Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo,”pungkasnya.(fat)
Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Mantan Kabid Prasarana Distan Kabulaten Merangin Jadi Tersangka Korupsi Bansos

19 Juli 2024 - 16:08 WIB

Tiga Desa di Tanjab Barat Jadi Percontohan Desa Anti Korupsi

19 Juli 2024 - 15:43 WIB

Buntut Ikut Temui Presiden Israel, Bupati Kudus Pecat Staf Khususnya

18 Juli 2024 - 14:28 WIB

Polres Sarolangun Musnahkan 2 Kilogram Narkotika Jenis Sabu

18 Juli 2024 - 14:04 WIB

4 ASN Terafiliasi Jaringan Teroris, Kesbangpol Tanjabbar Minta Masyarakat Segera Lapor Bila Temukan Aliran Tak Wajar

18 Juli 2024 - 13:45 WIB

Mesin Perahun Mati, Nelayan Situbondo Terombang-ambing di Perairan Madura

18 Juli 2024 - 11:44 WIB

Trending di Daerah