Menu

Mode Gelap

Daerah · 26 Okt 2023 21:24 WIB ·

Sumber Air Ditemukan, Warga Desa Jatisari Rebutan Air Bersih


					Sumber Air Ditemukan, Warga Desa Jatisari Rebutan Air Bersih Perbesar

Miftah Kabid Cipta Karya DPUPP Situbondo, saat memantau langsung keluarnya air bersih.

Situbondo,Reportasenews.com – Ini kabar gembira bagi warga Desa Jatisari, Kecamatan Arjasa, Situbondo. Pasalnya, pengeboran air mulai membuahkan hasil pada musim kemarau tahun 2023 ini, yakni sumber air ditemukan pada kedalaman 214 meter.

Mengetahui pengeboran air bersih mulai menemukan sumber mata air, puluhan warga Desa Jatisari berbondong-bondong mengambil air bersih, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya setiap hari.

“Alhamdulillah, dengan ditemukannya sumber mata air, puluhan warga bisa memenuhi kebutuhan air bersih, mengingat pada musim kemarau tahun ini, sumur banyak yang kering di Desa Jatisari,”ujar Sagiman, salah seorang warga setempat.

Kepala Bidang Cipta Karya di Dinas PUPP Situbondo, Miftah mengatakan, diakui pengeboran air dataran tinggi membutuhkan waktu, untuk mendapatkan sumber air. Bahkan, sumber air baru ditemukan di kedalaman 214 meter.

“Awal mula sumber air diprediksi ada dikedalaman 150 meter. Namun setelah dilakukan pengeboran pada kedalaman tersebut air tidak keluar, sehingga proses pengeboran dilakukan hingga kedalaman 214 meter, sehingga air baru bisa keluar,” ujar Miftah, Kamis (26/10/2023).

Miftah menegaskan, air hasil pengeboran pada kedalaman 214 meter kwalitasnya sangat bagus. Selain bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari warga, namun air tersebut dapat langsung dikonsumsi.

“Begitu mengetahui pengeboran mulai keluar air, saya langsung mencoba untuk minum. Selain rasanya enak dan segar, kondisi airnya juga bersih,”bebernya.

Lebih jauh Miftah menjelaskan, untuk sementara warga belum dapat memanfaatkan sumber air bersih itu secara normal. Sebab, saat ini sumber air tersebut masih masuk pada masa pumping tes atau uji pemompaan selama dua hari.

“Selama dua hari uji pemompaan. Itu dilakukan untuk mengetahui kondisi air yang keluar normal atau tidak. Bahkan, juga untuk mengetahui kualitas air,”katanya.

Miftah menegaskan, jika air yang keluar normal, pihaknya akan menyalurkan air tersebut ke rumah warga. Sehingga wargatidak perlu mengantri diarea pengemboran air bersih.

“Saat ini, kami masih melakukan pemasangan jaringan sambungan pipa ke rumah warga. Total ada 153 sambungan rumah, Insya Allah pada akhir desember air tersebut bisa disalurkan ke rumah warga,”
pungkasnya.(fat)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Ratusan Pembalap Sejumlah Daerah di Indonesia, Meriahkan Balap Sepeda Tour De Rengganis

15 Juni 2024 - 18:42 WIB

Satgas Yonkav 12/BC Terima Penyerahan Senjata dari Warga

15 Juni 2024 - 18:36 WIB

Reaksi Cepat TNI Mengejar OPM Serta Merebut Distrik Bibida

15 Juni 2024 - 18:31 WIB

Indonesia Sedang Tidak Baik-Baik Saja, Aparat Pemerintah Jangan Main-Main dengan Penegakan Hukum…!!!

15 Juni 2024 - 10:29 WIB

JPU Hadirkan 8 Saksi, Penyebab Meninggalnya Siswa MTS Situbondo Terungkap

14 Juni 2024 - 18:43 WIB

Demo di Depan Kantor Pemkab Situbondo Ricuh, Mahasiswa dan Polisi Bentrok

14 Juni 2024 - 18:36 WIB

Trending di Daerah