Menu

Mode Gelap

Lingkungan · 14 Nov 2016 09:50 WIB ·

Swedia Sudah Siap Memakai Pembangkit Listrik Ramah Lingkungan


					Pembangkit listrik tenaga angin / wisegeek Perbesar

Pembangkit listrik tenaga angin / wisegeek

SWEDIA, REPORTASE: Negara Swedia tampaknya makin serius mengelola sumber enerji terbarukan dengan membangun ribuan menara kipas listrik tenaga angin. Dalam 25 tahun mendatang, mereka berambisi mempercepat kemandirian enerjinya lebih ramah lingkungan dan terus menerus tersedia tanpa habis. Demikian ulas Independent.

Tahun silam, Swedia memakai 57 persen jatah enerjinya dari sumber tenaga angin, tenaga air, dan reaktor listrik nuklir. Mereka tampaknya mempercepat rencana mengolah rencana enerji bersihnya dari kekuatan angin sampai tahun 2040 besok sehingga mereka bebas dari ketergantungan dengan PLN dari bahan bakar fosil.

“Penduduk Swedia tidak terlalu padat saat ini, kami memiliki banyak tempat yang strategis untuk menempatkan ratusan kincir angin raksasa skala besar-besaran untuk pembangkit listrik di Swedia,” ujar Anne Vadasz Nilsson, Dirjen Inspektorat Lembaga Energi Swedia.

Swedia berusaha konsisten terus meningkatkan output tenaga kincir angin karena terbukti lebih murah dan efisien, energi angin dimasa depan akan ditetapkan untuk menggantikan energi nuklir yang saat ini masih dipakai disana. Saat ini Swedia punya 10 reaktor nuklir dan empat diantaranya sudah dihentikan. Sifat sporadis tidak merata tenaga angin dapat dikelola dengan kombinasi tenaga air serta interkoneksi saling berbagi sumber energi dengan negara tetangga lainnya.

“Nuklir adalah sumber energi yang cukup mahal karena peraturan keselamatan yang kompleks dan pendanaan besar untuk pengelolaan limbah nuklir jangka panjang,” kata Vadasz Nilsson. Karena itu biarpun nuklir cukup ampuh menghasilkan listrik tapi tidak sepadan dengan biaya mahalnya dan sangat beresiko tinggi jika terjadi masalah.

Negara-negara Nordik sudah memimpin dunia dalam enerji terbarukan. Denmark mampu merdeka dengan 140 persen dari kebutuhan listriknya melalui tenaga angin tahun 2015, lalu mereka mengekspor sisa energi untuk tetangganya Jerman, Swedia dan Norwegia. Sementara, hampir 100 persen listrik Islandia berasal dari sumber yang terbarukan, karena investasi di pembangkit listrik tenaga air dan energi panas bumi terbukti sangat efektif. (HSG/ Independent)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Gubernur Al Haris Lantik Anggota KPID Provinsi Jambi

17 Mei 2024 - 15:04 WIB

Kemenag Siapkan Rumah Ramah Bagi 818 Calon Jamaah Haji Lansia Asal Jambi

17 Mei 2024 - 14:36 WIB

Kepada Siswa Lemhanas, Irjen (Purn) Ike Edwin Sebut Pendekatan Budaya Kunci Cegah Korupsi

17 Mei 2024 - 14:10 WIB

Tersandung Kasus Narkoba, Pria Asal Bungo Terpaksa Menikah di Dikantor Polisi

16 Mei 2024 - 19:02 WIB

85 Anggota PPK Pilkada Situbondo Resmi Dilantik, Ini Pesan Ketua KPU

16 Mei 2024 - 17:31 WIB

85 Anggota PPK Pilkada Brebes 2024 Dilantik

16 Mei 2024 - 17:24 WIB

Trending di Daerah