Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Nasional · 15 Okt 2016 22:56 WIB ·

Tepung Jagung, Pengganti Beras Dengan Kadar Gula Rendah


					Tepung jagung dengan kadar gula rendah Perbesar

Tepung jagung dengan kadar gula rendah

GROBOGAN, REPOTASE – Tidak saja menjadi pakan ternak, hasil olahan jagung ternyata juga bisa disulap menjadi santapan yang sedap dan menyehatkan.

Menurut Heru Pradjati, Kabid Konsumsi Penganekaragaman Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Grobogan, sebagai penghasil jagung terbesar di Jawa Tengah, kini warga Grobogan, dapat menikmati olahan tepung jagung.

“Dengan menggandeng Fakultas Tekonologi Pertanian Universitas Semarang (USM), olahan tepung jagung, bisa dibuat berbagai farian makanan baik untuk memenuhi kebutuhan pokok seperti beras ataupun sekedar untuk makanan kecil berupa roti,” ungkap Heru.

Selain mengenyangkan, kandungan rendah karbohidrat pada jagung bisa mengurangi potensi orang yang mengkonsumsi terkena potensi sakit gula darah.

Purminah, salahsatu pengolah turunan jagung mengaku, pengolahan jagung dapat  meningkatkan nilai jual yang selama ini cenderung turun ketika terjadi panen raya.

“Hasil turunan olahan jagung bisa diolah menjadi berbagai farian makanan, seperti eggroll, kue kering, mie, stik, nastar keju, kue bawang, choco chips, castangel dan bolu kering,” ungkapnya.

Produk yang dihasilkan, tambah dia, merupakan hasil olahan khas dari Kabupaten Grobogan untuk menjaga kesehatan bangsa. “Ini merupakan produk khas Kabupaten Grobogan yang sudah didaftarkan BPOM dan bersertifikat halal,” tambahnya.

Olahan jagung yang diberi label Rasteja ini merupakan brand yang dihasilakan oleh Badan Ketahanan Pangan (BKP) dan diproduksi oleh beberapa kelompok Usaha Kedil Menengan. (AEP)

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Nelayan Hamili Anak Kandung Dilaporkan ke Polisi

12 April 2024 - 21:05 WIB

Dua Rumah Milik Bapak dan Anak di Situbondo Ludes Terbakar

12 April 2024 - 19:09 WIB

Kapal Klotok Tenggelam di Sungai Kapuas,  Enam Penumpang Selamat

12 April 2024 - 13:19 WIB

Roda Depan Bermasalah, Bus Masuk Saluran Irigasi di Jalur Pantura Situbondo

11 April 2024 - 17:45 WIB

Pria Paruh Baya di Diserang Buaya Saat Mengambil Wudhu di Parit Tanjung Saleh Kubu Raya

11 April 2024 - 15:29 WIB

Lepas 300 Pemudik Bermotor, Kapolda Banten Sebut Situasi Lalu-lintas di Pelabuhan Ciwandan Berangsur Normal

9 April 2024 - 11:50 WIB

Trending di Daerah