Menu

Mode Gelap

Daerah · 12 Jun 2020 19:08 WIB ·

Tidak Bermasker Warga Gresik akan Didenda Rp 150 Ribu dan Bersihkan Fasilitas Umum


					Bupati Gresik saat sosialisasi Perbup Nomor 22 Tahum 2020 tentang Pedoman Masa Transisi Menuju Tatanan Normal Baru. (foto:dik) Perbesar

Bupati Gresik saat sosialisasi Perbup Nomor 22 Tahum 2020 tentang Pedoman Masa Transisi Menuju Tatanan Normal Baru. (foto:dik)

Gresik, reportasenews.com – Bagi siapa pun yang berkendaraan di jalan raya di seluruh wilayah Kabupaten Gresik wajib bermasker. Jika tidak, sanksinya adalah membersihkan fasilitas umum, atau bayar denda Rp150 ribu.

Sanksi tersebut tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 22 Tahun 2020 tentang Pedoman Masa Transisi Menuju Tatanan Normal Baru pada Kondisi Pandemi Corona COVID-19 di Kabupaten Gresik.

Tidak hanya itu, warga yang hendak berziarah ke makam Sunan Giri dan Maulana Malik Ibrahim di Gresik, Jawa Timur juga wajib rapid test. Itu standar operasional prosedur (SOP) yang harus dipatuhi.

Kebijakan tersebut untuk memastikan keselamatan para peziarah dan masyarakat sekitar wisata. Mengingat kedua wisata religi itu banyak dikunjungi ribuan orang dari berbagai penjuru daerah.

Pernyataan itu disampaikan Bupati saat ditemui awak media usai melaksanakan Rakor Forkopimda bersama para Kepala OPD, Camat serta diikuti oleh Kepala Kemenag Gresik, Ketua Majelis Ulama Kabupaten Gresik, Ketua PCNU Gresik Ketua PD Muhammadiyah Gresik, Ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Gresik serta beberapa perwakilan Perusahaan se-Kabupaten Gresik.

Pada pertemuan yang berlangsung di Ruang Mandala Bakti Praja pada Jumat (12/6), Bupati Sambari Halim Radianto  menyatakan telah mengeluarkan Peraturan Bupati Gresik tentang pedoman masa transisi menuju tatanan normal baru pada kondisi pandemi corona COVID-19 di Gresik.

“Kemarin surat itu sudah saya tanda tangani. Kami mohon semua pihak membuat tata kerja dan Standard operasional prosedur (SOP) sesuai bidangnya masing-masing. Untuk OPD kami harap pada Senin lusa sudah bisa kami terima dan segera dilaksanakan,” tandas Sambari.

Pada Perbup yang mengatur transisi new normal life, Bupati mengatur beberapa hal terkait pariwisata, pasar, pelayanan public perkantoran, mall, hotel, pelabuhan di kendaraan umum (kapal), dan warung (resto).

“Untuk tempat ibadah kami persilakan melaksanakan sholat lima waktu dan sholat Jumat berjamaah. Tapi kami mohon agar tetap menggunakan penegakan protokol Kesehatan. Kami juga berharap para kyai dan alim ulama untuk selalu mendoakan agar COVID-19 ini segera berlalu,” pinta Sambari.

Bupati juga meminta kepada pihak Dinas Kesehatan untuk tetap melaksanakan penyisiran ke beberapa rumah sakit rujukan dengan melakukan berbagai macam pemeriksaan kepada PDP atau menyisir pasien Gresik yang dirawat di berbagai rumah sakit di luar Gresik.

“Jangan malu meski jumlah yang terkonfirmasi sangat besar. Demikian juga kami tidak malu meski jumlah kasus positif Covid-19 di Gresik ini besar dan menempati urutan ketiga, tapi bisa dirawat. Daripada tidak terpantau dan menulari banyak orang,” tandas Bupati.

Sesuai komitmen Bersama dengan para Kepala Daerah se-Surabaya Raya yang disaksikan Gubernur, Bupati Sambari menegaskan bahwa masing-masing Kepala Daerah untuk saling menjaga.

“Untuk itu kami meminta agar berdasarkan Perbup, semuanya untuk tetap menjaga, misalnya dengan melakukan pengawasan di lingkungannya masing-masing. Standar penegakan protokol Kesehatan harus dilaksanakan sampai di tingkat RT/RW,” harapnya serius.

Menanggapi yang disampaikan Bupati, Wakil Bupati Gresik H Moh Qosim menambahkan agar SOP protokol Kesehatan yang akan dibuat di bidang masing-masing harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh semuanya.

“Semua masyarakat harus mendukung transisi New normal life. Jangan berbuat semaunya. Seperti yang pernah terjadi di beberapa tempat, ada yang ramai-ramai menjemput jenasah Covid yang akhirnya semuanya tertular. Di Gresik jangan sampai terjadi” tandas Qosim. (dik)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Gubernur Al Haris Lantik Anggota KPID Provinsi Jambi

17 Mei 2024 - 15:04 WIB

Kemenag Siapkan Rumah Ramah Bagi 818 Calon Jamaah Haji Lansia Asal Jambi

17 Mei 2024 - 14:36 WIB

Kepada Siswa Lemhanas, Irjen (Purn) Ike Edwin Sebut Pendekatan Budaya Kunci Cegah Korupsi

17 Mei 2024 - 14:10 WIB

Tersandung Kasus Narkoba, Pria Asal Bungo Terpaksa Menikah di Dikantor Polisi

16 Mei 2024 - 19:02 WIB

85 Anggota PPK Pilkada Situbondo Resmi Dilantik, Ini Pesan Ketua KPU

16 Mei 2024 - 17:31 WIB

85 Anggota PPK Pilkada Brebes 2024 Dilantik

16 Mei 2024 - 17:24 WIB

Trending di Daerah