Menu

Mode Gelap

Daerah · 7 Feb 2021 20:46 WIB ·

Tora, Harimau Putih yang Lepas Berhasil Ditangkap Kembali Dalam Keadaan Hidup


					Petugas mengevakuasi tora satu dari dua harimau yang lepas di kebun bSinka Zoo, Singkawang, Kalimantan Barat. Perbesar

Petugas mengevakuasi tora satu dari dua harimau yang lepas di kebun bSinka Zoo, Singkawang, Kalimantan Barat.

Singkawang, reportasenews.com – Jumat, 5 Februari 2021, telah lepas 2 ekor harimau Benggala dari kandangnya di Sinka Zoo, Singkawang, Kalimantan Barat. 

Kedua Harimau betina itu Bernama Elka (coklat) dan Tora (Putih). 
Keesokan  harinya,  Sabtu, 6 Februari 2021 sekitar pukul 11.00 WIB, dengan sangat terpaksa Harimau Elka ditembak mati karena pertimbangan beberapa hal. 

Berbekal pengalaman penangkapan Harimau Elka, Tim penangkapan Gabungan yang terdiri TNI-POLRI, BKSDA Kalimantan Barat, Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Barat dan Yayasan COBUS-Sintang merancang dan mengatur strategi penangkapan kedua dengan cermat agar harimau Tora dapat ditangkap dalam keadaan hidup. 

Dengan demikian, penembakan dengan obat bius menjadi ujung tombak dalam misi ini. Penangkapan dimulai dengan membagi Tim menjadi 3 Pos. 
Namun pada saat Tim gabungan menuju lokasi, Tora terlihat didepan mobil Tim dan hendak menyeberang keluar Kawasan. Saat melihat rombongan Tim, Tora berbalik arah dan masuk ke Kawasan. 

Usaha penangkapan pun dimulai, Penembak bius dilaksanakan oleh  Eko dari DPPKH Prov. Kalbar dan drh. Victor dr Yayasan COBUS Sintang dan di backup oleh TNI POLRI di belakang.

“Pada saat Tora sudah terlihat dan masuk dalam jarak tembak senapan bius ( + 10 meter), secara bersamaan kedua penembak melepaskan tembakan ke arah Tora. Satu peluru bius berhasil menancap di tubuh tora, namun satu peluru tidak berhasil. Setelah menunggu 5 menit (reaksi obat bius),” kata tim Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Barat, drh. Nur Hidayat, di lokasi 

Tim merangsek masuk membuntuti Tora, ternyata Tora masih sadar dan terlihat berbaring didepan Tim. Dengan sangat hati-hati, penembak bius mendekati Tora dalam jangka yang sangat dekat (+ 5 meter), setelah melepaskan tembakan bius, Tora berdiri dan membalikkan badan ke arah Tim, seketika TNI Polri sudah siap menembak Tora dengan peluru tajam, namun atas komando penembak bius, ditahan dulu tembakannya. 

Benar saja, tora berbalik badan dan berjalan meninggalkan Tim. Tidak lama berselang, Tora menuruni hutan dan menuju Kawasan kandang dalam keadaan sempoyongan. Kemudian Tora tidak sadarkan diri dan dievakuasi ke kandang. Sesampainya di Kandang, 

Tim dokter hewan dari Dinas Pangan Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Barat dan BKSDA Kalbar memberikan suntikan antidota (penawar obat bius) agar segera terbangun dan beberapa suntikan obat seperti antibiotik, penghilang nyeri, dll. 

“Keesokan harinya tora sudah sehat, namun kondisinya masih marah dan belum mau makan,” tutupnya. (das)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Gubernur Al Haris Lantik Anggota KPID Provinsi Jambi

17 Mei 2024 - 15:04 WIB

Kemenag Siapkan Rumah Ramah Bagi 818 Calon Jamaah Haji Lansia Asal Jambi

17 Mei 2024 - 14:36 WIB

Kepada Siswa Lemhanas, Irjen (Purn) Ike Edwin Sebut Pendekatan Budaya Kunci Cegah Korupsi

17 Mei 2024 - 14:10 WIB

Tersandung Kasus Narkoba, Pria Asal Bungo Terpaksa Menikah di Dikantor Polisi

16 Mei 2024 - 19:02 WIB

85 Anggota PPK Pilkada Situbondo Resmi Dilantik, Ini Pesan Ketua KPU

16 Mei 2024 - 17:31 WIB

85 Anggota PPK Pilkada Brebes 2024 Dilantik

16 Mei 2024 - 17:24 WIB

Trending di Daerah