Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Lingkungan · 15 Des 2016 15:24 WIB ·

Trotoar Masa Depan Sekaligus Untuk Solar Panel


					Trotoar masa depan dari platik daur ulang dan sekaligus solar panel / Inhabitat Perbesar

Trotoar masa depan dari platik daur ulang dan sekaligus solar panel / Inhabitat

Hungaria, reportasenews.com : Bayangkan sebuah sistem paving pedestrian modular warna-warni yang terkunci satu dengan lainnya “seperti batu bata LEGO” menggantikan trotoar membosankan diperkotaan.

Sebuah perusahaan startup Hungaria “Platio” menciptakan sistem paving untuk trotoar pejalan kaki dengan cara susun praktis tinggal dikaitkan, dibuat dengan plastik daur ulang, dan paving blok ini bisa juga untuk panen energi bersih dari tenaga sinar matahari untuk menghasilkan listrik ekstra.

Platio bukanlah perusahaan pertama yang memimpikan jalan yang dapat memanen energi surya. Perusahaan lain “Solar Roadways” telah mengembangkan ide serupa selama bertahun-tahun, bahkan mereka telah dicruahkan dana dari Departemen Perhubungan Amerika.

Sistem Platio ditargetkan lebih ke arah trotoar, setidaknya untuk saat ini. TechCrunch melaporkan mereka sudah mentargetkan dana $ 70.000 dan dijual 150 meter persegi, lebih dari 1.600 kaki persegi, sistem paving mereka.

Platio ini merupakan paving blok yang akan melakukan panen listrik dari matahari melalui sel silikon monocrystalline dalam kaca tempered. TechCrunch mengatakan casing plastik memungkinkan sistem mengalami kerusakan ketika orang berjalan di atasnya.

Modul trotoar terhubung sedemikian rupa yang tidak memerlukan kabel tambahan; menurut Platio, “Unit kompak dan modular terhubung bersama-sama melakukan kontak elektronik tanpa kabel tambahan oleh sistem komunikasi powerline yang menghubungkan secara otomatis selama pembentukan.”

Trotoar ala blok Lego ini dilaporkan menghasilkan 160 watt per meter persegi, atau per 10 kaki persegi, menurut Treehugger. Platio menawarkan paving dalam tiga warna, dan juga bekerja untuk menciptakan sistem yang inovatif lain untuk memanen energi dari jejak.

Startup ambisius tidak berniat untuk berhenti dengan sistem paving. Misi utama mereka adalah untuk “menciptakan masa depan yang bersih dan energi-independen, di mana kita menciptakan dasar baru bagi kehidupan perkotaan dengan mempertimbangkan perspektif masyarakat berbasis informasi. (HSG/ Inhabitat)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 49 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Coblos Surat Suara Sisa, Petugas KPPS Jambi Dipidana

24 Februari 2024 - 22:57 WIB

Cabuli Anak Tirinya, Pria 40 Tahun di Bondowoso Ditangkap

24 Februari 2024 - 17:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Apresiasi Perayaan Cap Go Meh Singkawang 2024

24 Februari 2024 - 17:13 WIB

Subhanallah, Pria di Situbondo Meninggal Saat Sujud Shalat Ashar Berjamaah di Masjid

24 Februari 2024 - 06:40 WIB

Bupati Karna Suswandi, Panen Raya Padi BK 01

23 Februari 2024 - 21:01 WIB

Pemkab Situbondo Segera Cairkan Honor Ribuan Linmas yang Tertunda

23 Februari 2024 - 17:58 WIB

Trending di Daerah