Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Flora Fauna · 9 Jan 2024 14:14 WIB ·

TSE Group dan IPB University Lakukan Upaya Konservasi Satwa Endemik Kura-Kura Moncong Babi


					Penelitian kura-kura moncong babi yang dilakukan di Sungai Kao, Distrik Jair, Kabupaten Boven Digoel, Papua Selatan. Perbesar

Penelitian kura-kura moncong babi yang dilakukan di Sungai Kao, Distrik Jair, Kabupaten Boven Digoel, Papua Selatan.

Boven Digul, Reportasenews – Tunas Sawa Erma (TSE) Group melakukan kerja sama dengan IPB University dalam upaya pelestarian Carrettochelys insculpta atau kura-kura moncong babi di Kali Kao dan Kali Muyu yang berada di Kabupaten Boven Digoel, Papua. Fauna air tawar ini, merupakan satwa endemik yang secara umum tersebar di wilayah Papua Selatan, seperti Kabupaten Asmat, Mappi, Merauke, dan Boven Digoel.

Upaya pelestarian kura-kura moncong babi diwujudkan melalui penandatanganan kerja sama dengan peneliti dari IPB University. Perjanjian kerja sama tersebut berlangsung selama 5 tahun, mulai dari tahun 2022 hingga 2026.

Dalam kerjasama ini, pihak perusahaan memfasilitasi segala keperluan yang dibutuhkan oleh tim peneliti dari IPB University selama melakukan penelitian seperti alat-alat pendukung untuk konservasi, tempat tinggal hingga transportasi.

“Kura-kura moncong babi merupakan hewan endemik yang terdapat di wilayah Papua. Jadi sejauh ini kami telah menemukan temuan bahwa telur dari kura-kura moncong babi di tempat ini sering dimanfaatkan oleh masyarakat setempat, sehingga kami melakukan penelitian ekologi terkait ruang gerak atau pergerakan yang dilakukan oleh kura-kura moncong babi dewasa. Tentunya dukungan yang diberikan oleh TSE Group sangat membantu kami dalam melakukan proses penelitian dan upaya konservasi ini,” ujar Mirza Dikari Kusrini selaku Peneliti Amfibi, Reptil dan Lingkungan dari IPB University.

Peneliti dari Fakultas Kehutanan IPB University melakukan penelitian terhadap Carrettochelys insculpta atau kura-kura moncong babi dewasa yang berada di wilayah Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua Selatan

Seperti yang diketahui, di Indonesia sendiri Carettochelys insculpta merupakan satwa yang dilindungi maka kepunahan pada satwa ini perlu di cegah sejak dini.

Sebagai perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Boven Digoel, TSE Group memberikan perhatian khusus terhadap pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati di sekitar area operasionalnya. Faktor inilah yang mendorong TSE Group untuk mengambil bagian dalam mendukung upaya konservasi hewan-hewan endemik yang berada di Papua Selatan.

Lebih lanjut, upaya pelestarian kura-kura moncong babi sejalan dengan komitmen TSE Group sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit di Papua untuk menerapkan tata kelola sawit berkelanjutan dan terus berinovasi dalam melestarikan dan menjaga keanekaragaman hayati di Bumi Cendrawasih. (*)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 28 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Coblos Surat Suara Sisa, Petugas KPPS Jambi Dipidana

24 Februari 2024 - 22:57 WIB

Cabuli Anak Tirinya, Pria 40 Tahun di Bondowoso Ditangkap

24 Februari 2024 - 17:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Apresiasi Perayaan Cap Go Meh Singkawang 2024

24 Februari 2024 - 17:13 WIB

Subhanallah, Pria di Situbondo Meninggal Saat Sujud Shalat Ashar Berjamaah di Masjid

24 Februari 2024 - 06:40 WIB

Bupati Karna Suswandi, Panen Raya Padi BK 01

23 Februari 2024 - 21:01 WIB

Pemkab Situbondo Segera Cairkan Honor Ribuan Linmas yang Tertunda

23 Februari 2024 - 17:58 WIB

Trending di Daerah