Menu

Mode Gelap

Feature · 11 Jan 2017 11:55 WIB ·

Turbin Didalam Pipa Air Saluran Pembuangan Toilet Hasilkan Listrik


					Pipa diberi turbin agar dapat berputar menghasilkan listrik/ Inhabitat Perbesar

Pipa diberi turbin agar dapat berputar menghasilkan listrik/ Inhabitat

Portland, reportasenews.com : Warga Portland sekarang bisa menghasilkan listrik hijau hanya dengan menyalakan keran air berbarengan dengan menyiram bersih menyiram toilet mereka sehabis buang air.

“Fast Company” melaporkan bahwa kota Oregon menggunakan sistem cerdas untuk memanfaatkan energi dari air yang mengalir melalui pipa-pipa kota. dengan memasang turbin kecil yang ditanam didalam pipa sehingga mengkonversikan energi air mengalir keturbin menjadi tenaga listrik ke jaringan listrik.

“Cukup sulit menemukan sumber energi baru di mana tidak mempunyai dampak lingkungan sama sekali,” kata Gregg Semler “Fast Company”. Semler adalah chief executive officer dari “Lucid Energi”, Portland, sebuah start-up di belakang sistem baru. “Turbin air ditaruh didalam pipa, sehingga tidak ada ikan atau spesies yang terancam punah terkena dampaknya. Itulah yang menarik. ”

Menurut Semler, utilitas air cenderung menggunakan listrik dalam jumlah besar, sehingga sistem pembangkit listrik baru dapat membantu mengurangi biaya penyediaan air minum untuk kota. Utilitas dapat memutuskan apakah akan menggunakan kekuatan untuk tujuan mereka sendiri, atau menjual energi sebagai sumber pendapatan.

“Kami memiliki proyek di Riverside, California, di mana mereka menggunakannya untuk daya lampu jalan raya dimalam hari,” menurut catatan Semler. “Pada siang hari, ketika harga listrik yang tinggi, mereka dapat menggunakannya untuk mengimbangi beberapa biaya operasi mereka.”

Adapun Portland, salah satu jaringan pipa air utama menggunakan sistem Lucid untuk menghasilkan tenaga, dan meskipun sistem tidak dapat membuat daya yang cukup untuk seluruh kota, tapi dapat menghasilkan energi cukup untuk menjalankan sebuah bangunan individu seperti sekolah atau perpustakaan.

Tidak seperti bentuk lain dari green energi, seperti matahari atau angin, sistem Lucid dapat menghasilkan daya setiap saat sepanjang hari karena air selalu mengalir. Satu-satunya halangan adalah bahwa turbin hanya dapat menghasilkan listrik di mana air alami yang mengalir ke bawah akibat gravitasi.

Pipa Lucid ini berisi sensor yang dapat memantau kualitas air yang mengalir melalui pipa-pipa, membuat mereka lebih dari sekedar teknologi pembangkit listrik (HSG/ Inhabitat)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Hindari Tabrakan, Truck Box Terguling di Jalur Pantura Situbondo

12 Juni 2024 - 21:13 WIB

18 Ruko di Pasar Sambas Terbakar Hebat

12 Juni 2024 - 20:43 WIB

Tak Bayar Uang Sewa 6 Unit Mobil Rental Rp133 juta, Kades Bungatan Situbondo Dipolisikan

12 Juni 2024 - 19:48 WIB

Banting Setir Bakul Wedus Idul Adha, Dulu Wartawan Media Online di Madiun

12 Juni 2024 - 19:44 WIB

Bandar Narkoba Diciduk di Penginapan Mekar Sari

12 Juni 2024 - 18:48 WIB

Satgas Pamtas RI-Malaysia Gagalkan Penyelundupan Sisik Trenggiling

12 Juni 2024 - 18:41 WIB

Trending di Daerah