Menu

Mode Gelap

Nasional · 6 Apr 2024 22:41 WIB ·

Urai Kemacetan, Dirlantas Polda Banten Lakukan Rekayasa Lalu Lintas Delay Syatem


					Urai Kemacetan, Dirlantas Polda Banten Lakukan Rekayasa Lalu Lintas Delay Syatem Perbesar

Direktorat Lalu Lintas Polda Banten, mulai Sabtu, (06/04/24) melakukan rekayasa lalu-lintas dengan memberlakukan delay system untuk mengurangi penumpukan kendaraan. (toto:dok RN).

 

Jakarta, reportasenews.com –  Untuk mengurai kemacetan arus mudik di Tol Tangerang-Merak yang masuk ke area Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Direktorat Lalu Lintas Polda Banten, mulai Sabtu, (06/04/24) melakukan rekayasa lalu-lintas dengan memberlakukan delay system untuk mengurangi penumpukan kendaraan.

Direktur Lalu Lintas Polda Banten, Kombes Pol Leganek Mawardi mengatakan ayatem ini untuk menguran antrian kendaraan yang mulai memadati pelabuhan Merak, Banten.

“Delay system ini berguna untuk mengurangi antrian  kendaraan yang ada di Pelabuhan Merak,” kata dia, Sabtu 6 April 2024.

Mawardi menjelaskan, pelaksanaan delay sytem ini terbagi menjadi berapa titik dimulai dari gate cikupa, rest area KM 43 A , rest area KM 68 A, maupun ruas jalan Cikuasa atas sebelum fly over Merak.

Dia memastikan delay system pada ruas jalan Cikuasa atas dimaksudkan agar tidak menganggu aktivitas warga lokal.

“Karena hanya terdapat 1 akses jalan yang menuju ke pelabuhan dan itu juga digunakan untuk masyarakat sekitar Pelabuhan Merak,” kata dia.

Selain melaksanakan rekayasa arus lalu lintas aparat Dit Lantas Polda Banten memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penerangan serta bantuan terhadap masyarakat pengguna jalan seperti pemberian makanan ringan dan minuman serta menyiapkan fasilitas lain seperti toilet umum kepada para pemudik

Dia menambahkan imbauan kepada para pemudik diharapkan untuk bersabar antrean ini tidak akan berlangsung lama hanya menunggu antrian masuk kapal di pelabuhan.

“Kepada para pemudik agar selalu mematuhi rambu rambu lalu lintas dan arahan petugas agar tercipta mudik aman, transportasi nyaman , tanpa hambatan,” tambahnya

Untuk diketahui, pada Sabtu, 6 April 2024, telah terjadi antrean kendaraan yang menuju ke Pelabuhan Merak, hingga mencapai KM 96 tepatnya 1 km sebelum gerbang tol Merak.

Penyebab terjadinya antrean tersebut dikarenakan meningkatnya volume kendaraan dari arah Jakarta yang akan menggunakan jasa penyebrangan Pelabuhan Merak ASDP menuju Pulau Sumatera.

Selain itu, jumlah dermaga pelabuhan yang tidak sebanding dengan volume kendaraan juga menyebabkan terjadi antrean. (tan)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Gubernur Al Haris Lantik Anggota KPID Provinsi Jambi

17 Mei 2024 - 15:04 WIB

Kemenag Siapkan Rumah Ramah Bagi 818 Calon Jamaah Haji Lansia Asal Jambi

17 Mei 2024 - 14:36 WIB

Kepada Siswa Lemhanas, Irjen (Purn) Ike Edwin Sebut Pendekatan Budaya Kunci Cegah Korupsi

17 Mei 2024 - 14:10 WIB

Tersandung Kasus Narkoba, Pria Asal Bungo Terpaksa Menikah di Dikantor Polisi

16 Mei 2024 - 19:02 WIB

85 Anggota PPK Pilkada Situbondo Resmi Dilantik, Ini Pesan Ketua KPU

16 Mei 2024 - 17:31 WIB

85 Anggota PPK Pilkada Brebes 2024 Dilantik

16 Mei 2024 - 17:24 WIB

Trending di Daerah