Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Daerah · 17 Jan 2019 22:21 WIB ·

Diterjang Hujan, Plengsengan Sepanjang 15 Meter Ambrol di Situbondo 


					Plengsengan sepanjang 15 meter, dengan tinggi sekitar lima meter  di Dusun Glindung Desa Kalirejo, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, ambrol. (foto:fat) Perbesar

Plengsengan sepanjang 15 meter, dengan tinggi sekitar lima meter di Dusun Glindung Desa Kalirejo, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, ambrol. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Plengsengan sepanjang 15 meter, dengan tinggi sekitar lima meter  di Dusun Glindung Desa Kalirejo, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, ambrol, setelah sebelumnya hujan deras mengguyur sejumlah kawasan di Kecamatan Sumbermalang.
Akibatnya, ratusan kepala keluarga (KK) asal  Dusun Glindung, Desa Kalirejo,  dengan Desa Sumberargo, Kecamatan Sumbermalang terancam terisolir, karena akses jalan antara Dusun Glindung dengan Desa Sumberago tertimbun material longsor.
Selain itu, sebanyak dua rumah milik warga yang ada di atas bangunan  plengsengan juga menjadi terdampak longsor. Masing-masing adalah, rumah milik  Pak Hakip (47), dan rumah milik Pak Towati (85). Meski demikian, tidak ada korban luka maupun korban jiwa, dalam peristiwa bencana tanah longsor tersebut.
Mendapat informasi ada plengsengan longsor sepanjang 15 meter dan tinggi sekitar lima meter, Muspika Sumbermalang, petugas Pusdalop Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo langsung turun ke lokasi.
“Bahkan, Muspika, petugas Pusdalop dan warga sekitar, mereka bahu membahu membersihkan material longsor, dengan menggunakan alat seadanya,”ujar Sopan Efendi, Camat Sumbermalang, Kamis (17/1/2019).
Menurutnya, karena rumah milik dua warga terdampak sangat dekat dengan plengsengan yang longsor, dan dikhawatirkan akan terjadi longsor susulan, pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan Dinas PUPR  Pemkab Stubondo.
“Selain itu, kami juga minta bantuan 100 karung ke Dinas PUPR, sebanyak 100 karung tersebut   akan digunakan untuk tangkis dan tembok panahan. Rencananya, pada hari Minggu 20 Januari mendatang, kami akan melakukan gotong royong untuk memasak tangkis penahan,”pungkas Sopan Efendi.(fat)
Komentar
Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Peringati Hari Buruh,  Massa Sarbumusi Situbondo Akan Lakukan Aksi Turun ke Jalan

1 Mei 2024 - 05:57 WIB

Dua Bacabup Situbondo, Mengambil Formulir Pendaftaran ke PDIP

30 April 2024 - 14:59 WIB

Duel Maut Dua Juru Parkir Pasar Jambi, Satu Tewas Ditikam Badik

30 April 2024 - 14:53 WIB

DPRD Kota  Sungai Penuh Minta Jalan   di Depan Gedung Komisi III Dibongkar

30 April 2024 - 14:21 WIB

Tabrak Tiang Listrik Pemotor Asal Bondowoso Tewas di Situbondo

29 April 2024 - 20:39 WIB

Askab PSSI dan Komunitas Sepak Bola Situbondo, Gelar Doa Bersama untuk Timnas U-23

29 April 2024 - 17:31 WIB

Trending di Daerah