Selasa, 17 Januari 2017

Bayi Orangutan Ditemukan Terluka Di Lahan Terbakar

Bayi Orangutan Ditemukan Terluka Di Lahan Terbakar
foto doc. Heribertus /IAR Indonesia

KETAPANG RN.COM – Lembaga penyelamatan satwa langka dan dilindungi, International Animal Rescue Indonesia atau Yayasan Inisasi Alam Indonesia menerima serahan bayi orangutan dari warga.

Dalam rilis yang diterima Redaksi Reportasenews.com, Orangutan betina berusia sekitar 3 tahun ini ditemukan oleh Doni, warga Sungai Awan Kiri, Muara Pawan, Ketapang.

“Dilihat dari formulasi giginya, orangutan ini diperkirakan sudah berusia sekitar 3 tahun,” ujar Manager Animal Care, drh. Ayu Budi handayani, yang juga menerima langsung orangutan serahan orangutan dari warga (8/9).

Doni mengaku menemukan orangutan ini ketika sedang memancing bersama adiknya di daerah Parit Timur, Desa Sukamaju, tidak jauh dari lokasi Pusat Penyelamatan dan Konservasi orangutan YIARI.

“Saya menemukankan dia di tanah dengan kondisi tertimpa kayu dan kakinya bengkak,” jelas Doni di kantor YIARI di Sungai Awan Kiri, Ketapang.

Doni  menambahkan lokasi temapt ditemukannya orangutan ini merupakan bekas hutan terbakar. Doni menyerahkan orangutan ini ke pusat rehabilitasi orangutan YIARI, karena tahu bahwa orangutan merupakan satwa yang dilindungi.

Kondisi orangutan yang diberi nama Cantik ini cukup memprihatinkan. Tubuhnya kurus kering dan luka di kakinya mulai membusuk.

“Beratnya cuma 3,7 kilo, sangat kurang untuk ukuran orangutan dengan usia 3 tahun,” pungkasnya.

Saat ini Cantik mendapatkan perawatan intensif dan dimonitor selama 24 jam oleh tim medis YIARI.(ds)

 

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel Reportase News. Untuk mendapatkan informasi terupdate, silakan berlangganan newsletter kami melalui kolom email di bawah ini.

No Responses

Loading Facebook Comments ...