Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

News Feed · 28 Mei 2017 11:38 WIB ·

23 Jam Berpuasa di Finlandia


					Suasana sudut Kota Helsinki, Ibu Kota Finlandia. (foto: istimewa) Perbesar

Suasana sudut Kota Helsinki, Ibu Kota Finlandia. (foto: istimewa)

BERUNTUNGLAH para muslim yang tinggal di Indonesia karena hanya perlu menjalani puasa Ramadan dalam waktu kurang dari 14 jam untuk puasa penuh dalam sehari. Nah para umat Muslim di berbagai negara di dunia, perlu menghabiskan waktu lebih dari 15 jam untuk berpuasa penuh dalam sehari.

Negara mana saja yang puasanya terlama?

Finlandia

Finlandia merupakan salah satu negara dengan puasa terlama di dunia. Di Finlandia, puasa dimulai dari pukul 01.00 pagi dan waktu berbuka puasa pukul 12.00 pagi lagi. Jadi puasa di Finlandia bisa sekitar 23 jam 5 menit saja. Pasalnya, seperti pada 2016, matahari tenggelam di Finlandia hanya selama 55 menit.

Islandia

Islandia itu adalah negara dengan waktu puasa terlama? Jadi, kalau hendak bepergian ke Islandia usahakan jangan waktu bulan puasa ya. Puasa di negara ini perlu waktu 22 jam.

Swedia

Warga muslim di Swedia juga memiliki tantangan yang sama dalam menjalani waktu puasa selama satu hari penuh. Swedia merupakan salah satu negara dengan waktu puasa terlama, yaitu hampir 20 jam. Terlebih lagi, umat Muslim di Swedia hanya berjumlah 5 persen dari total populasi. Hebat ya mereka yang tahan berpuasa penuh selama satu hari!

Alaska

Alaska memang memiliki waktu puasa paling lama juga, namun sebaliknya, ia juga merupakan salah satu negara dengan waktu puasa tercepat. Pada saat musim panas, warga Muslim harus menjalani puasa dalam waktu 20 jam sehari, sedangkan kabarnya, pada musim dingin, puasa di sana hanya perlu dijalankan 5 jam sehari.

Jerman

Negara-negara di Eropa memang merupakan negara dengan puasa terlama di dunia, salah satunya Jerman. Sama seperti di Indonesia, puasa dimulai sekitar pukul 04.00 pagi. Tapi bedanya, waktu berbuka di Indonesia sekitar pukul 18.00 sore, sedangkan waktu berbuka di Jerman adalah pukul 22.00 malam.

Inggris

Inggris juga merupakan negara dengan puasa paling lama. Meskipun jauh lebih cepat dibandingkan Islandia dan Finlandia, namun waktu puasa di Inggris dalam satu hari pun hampir 19 jam.

Kanada

Sahur di Kanada dimulai pukul 03.00 pagi, nggak jauh berbeda dari Indonesia. Namun bedanya, di Alaska, puasa berakhir 18 jam kemudian. Nah, buat kamu umat Muslim yang ada akan ke Kanada untuk lanjut belajar atau liburan lebih baik di Toronto karena ada banyak umat Muslim di sana, jadi nggak merasa berat menjalani puasa sendirian dan dalam waktu yang lama.

Turki

Salah satu Masjid di Turki saat menyambut Ramadan. (foto: istimewa)

Salah satu Masjid di Turki saat menyambut Ramadan. (foto: istimewa)

Turki juga menjadi negara terlama puasa selanjutnya. Sama halnya dengan Kanada yang sahur pada pukul 03.00 pagi dan berbuka pada pukul 21.00 malam, Turki pun juga begitu. Tapi bedanya, mayoritas masyarakat Turki beragama Islam, jadi tidak merasa terlalu berat karena sebagian besar masyarakat Turki juga berpuasa. (herlambang)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 170 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Pj. Bupati Sanggau, Suherman Tinjau Pasar Bodok yang Terbakar 

27 April 2024 - 18:51 WIB

Kasus Kematian Anak Gadisnya Belum Juga Terungkap, Orang Tua Korban Minta Bantuan Hotman Paris Viral di Medsos

27 April 2024 - 17:58 WIB

Jelang PPDB, DPRD Provinsi Jambi Ingatkan Disdik Tidak Boleh Ada Siswa Titipan

27 April 2024 - 17:13 WIB

Dua Oknum Nelayan Edarkan Sabu, Tertangkap Polisi Simpan Sabu dalam Helm

27 April 2024 - 15:24 WIB

28 Ruko Pasar Bodok di Sanggau Ludes Terbakar

27 April 2024 - 15:19 WIB

Satres Narkoba Polres Binjai Gerebek Tempat Hiburan Malam SS di Binjai Selatan, Ratusan Pil Ekstasi Disita

26 April 2024 - 16:18 WIB

Trending di Daerah