Menu

Mode Gelap

Entertainment · 29 Okt 2023 11:12 WIB ·

Rayakan HUT ke-70, SMAN 3 Jakarta Gelar Pentas Seni Lintas Genre


					Menyemarakkan HUT ke-70, SMAN 3 Jakarta menyelenggarakan Teras X Teladan Cup 2023/Foto: Rivan fazry Perbesar

Menyemarakkan HUT ke-70, SMAN 3 Jakarta menyelenggarakan Teras X Teladan Cup 2023/Foto: Rivan fazry

Jakarta, Reportasenews.com – Menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Jakarta menyelenggarakan Teras X Teladan Cup 2023. Acara puncak tersebut diselenggarakan di Tenis Indoor Senayan, Jakarta dan menghadirkan bintang tamu seperti Hivi!, Swellow, The Rang Rangs, Yovie & Nuno, serta Hindia pada Sabtu (28/10).

Kepala Sekolah SMAN 3 Jakarta Rita Hastuti mengungkapkan, dengan terlaksananya acara tersebut pihaknya merasa haru dan bangga karena kepanitiaan penyelenggaraan acara yang melibatkan para peserta didik itu berjalan lancar dan sukses. Menurutnya, terdapat beberapa value yang dapat dipetik dari kegiatan tersebut, mulai dari memunculkan kemandirian dalam mengorganisir sebuah kegiatan, memiliki rasa tanggung jawab, belajar komunikasi dan etika dengan pihak luar, serta belajar manajemen waktu.

“Kami senantiasa mengajarkan bahwa tidak boleh kegiatan ini mengganggu kegiatan belajar mengajar mereka. Jadi, mereka bekerja setelah jam 12 sampai sore, dan tetap dilakukan pendampingan oleh para guru. Jadi strukturnya itu panitia itu anak-anak, pendampingnya guru, dan di-back up oleh orang tua,” ungkapnya.

Ia menambahkan, lewat kegiatan ini peserta didik memiliki pengalaman berharga dalam menyelenggarakan sebuah kegiatan dan kelak dapat mempraktikkan kembali saat mereka menginjak dunia kampus maupun dunia kerja kelak. Di samping itu, pihak sekolah selalu mengedepankan kejujuran dalam menghadapi suatu kendala maupun masalah serta bersama-sama melakukan diskusi untuk mencari solusi terbaik.

“Harapan saya dengan terselenggaranya acara ini anak-anak menjadi lebih tangguh dan percaya diri ketika akan mengadakan event yang mungkin sama atau lebih besar dari ini. Tinggal nanti bagaimana mereka transfer knowledge kepada adik-adik kelas agar tercipta sebuah regenerasi yang berkesinambungan,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Teras X Teladan Cup 2023 2023 Jauzza Kimora menyampaikan bahwa acara pentas seni kali ini mengusung konsep menggabungkan semua kultur yang ada dari tahun ke tahun. Karena beberapa terdapat terkendala, jadi pihaknya mengadakan acara menggabungkan kultur di suatu acara pentas seni SMA.

“Akhirnya saya diskusi dengan teman-teman panitia lainnya dan kami putuskan mengundang bintang tamu band yang genrenya berbeda satu sama lain. Karena menurut saya pentas seni adalah sebagai ajang regenerasi, dan dengan adanya lintas genre ini akan menimbulkan ketertarikan tersendiri untuk masing-masing penonton yang datang,” ujarnya.

Teras sendiri adalah Teladan Creativity Art and Music. Oleh karena itu, tujuan utama adalah bagaimana semua orang atau pengunjung bisa merayakan kreativitas, merayakan kesenian dan merayakan musik.

“Bagi saya, pensi itu ajang regenerasi di mana band kecil bisa besar dan membantu para teman-teman musisi tetap bertahan. Ke depannya, Teras diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi SMAN 3, karena sekolah ini dulu dikenal sebagai sekolah seni, musik, aktor, dan saya ingin mengembalikan hal tersebut. Semoga hal ini bisa terwujud bagi generasi selanjutnya,” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris Pelaksana Teras x Teladan Cup 2023 Al Quinta Sanidya. Ia mengatakan bahwa gelaran Teras harus tetap ada di setiap tahunnya dan lebih terorganisir lebih baik lagi.

“Aku sangat bersyukur karena bisa menjadi salah satu panitia di acara ini. Di sini aku diajarkan untuk berjuang presentasi depan umum, menggalang dana, cara meyakinkan orang-orang, itu benar-benar bermanfaat bagi kami,” katanya.

Lebih lanjut, ia menjabarkan terdapat 250 panitia yang bahu membahu menyelenggarakan acara puncak Teras 2023 dan tidak menggunakan Event Organizer (EO). Sebelum acara puncak Teras 2023, Quinta menjelaskan terdapat serangkaian acara yang dilakukan oleh SMAN 3 seperti lomba olah raga, e-sport dari 4 – 24 September 2023.

“Jadi, ini adalah suatu rangkaian acara yang menjadi satu konsep dan acara pentas seni ini adalah acara puncak. Acara ini sendiri sebenarnya hasil dari kerja keras dari teman-teman panitia, sehingga sukses dan berjalan dengan baik. Kuncinya adalah saling membantu dan merangkul satu sama lain,” jelasnya.

Sponsor sekaligus Presiden Direktur PT Lintas Teknologi Evolusi (LTE) Zainal Arifin mengungkapkan, anak muda adalah salah satu aset penerus bangsa dan sudah seharusnya memiliki tekad dan semangat tinggi dalam menciptakan sebuah kreativitas, salah satunya lewat seni. Ia melihat, kegiatan Teras 2023 memiliki nilai positif, terlebih untuk membangun jiwa wirausaha, dan menciptakan kreativitas, serta dapat mengasah kemampuan profesional dalam mengorganisir sebuah kegiatan yang cukup besar.

“Sehingga, LTE berkomitmen bekerja sama dengan panitia dan stakeholder lainnya dan akhirnya berjalan dengan sangat baik. Di sisi lain, kegiatan ini juga dapat menjadi modal bagi anak-anak, panitia untuk ketika nanti di dunia kerja maupun kewirausahaan,” tegasnya.

Tidak hanya itu saja, LTE mengatakan bahwa kegiatan Teras 2023 adalah starting awal perusahaan untuk berkolaborasi dengan semua pihak dan pihaknya berkomitmen untuk men-support kegiatan lainnya.

“Apapun kegiatannya selama memberikan insight positif kepada anak muda, LTE berkomitmen untuk mendukung 100 persen. Teras 2023 amazing, spektakuler, dan luar biasa,” pungkas Zainal.

 

 

 

 

 

 

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Susah Temukan Penyanyi untuk Lagunya, Eldikry Abdat Nekat Rilis Sendiri

21 Februari 2024 - 07:05 WIB

Jaga Kekompakan, Jajaran PLN UID Jakarta Raya Ajak Wartawan Nikmati Keseruan Offroad di Sentul

9 Desember 2023 - 09:56 WIB

Film Gampang Cuan Jadi Film Drama Komedi Terlaris 2023

1 Desember 2023 - 21:12 WIB

Letto Hipnotis Ribuan Pengunjung di Alun-alun Kota Situbondo

4 September 2023 - 15:40 WIB

God Bless Lounching Album Bertajuk “Anthology Anniversarry 50th”

22 Juni 2023 - 14:20 WIB

Semarakan Ramadan, Ermy Kulit Daur Ulang Single Religi “Hikmah”

4 April 2023 - 15:55 WIB

Trending di musik